Beberapa Cara Yang Harus Dilakukan Agar Smartphone Tidak Sering Hang | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Beberapa Cara Yang Harus Dilakukan Agar Smartphone Tidak Sering Hang

ads Google
Beberapa cara yang harus dilakukan agar smartphone tidak sering hang. Pasti banyak pengguna smartphoone sering mengeluh karena kinerja smartphone mereka menjadi lebih lamban dari pertama kali memiliki smartphone. Apalagi sering muncul jam pasir pada saat menggunnakan smartphone tersebut yang menandakan bahwa kinerja smartphone lambat. Hal ini lambat laun akan memicu kinerja sistem yang buruk dan pada akhirnya biasanya smartphone menjadi hang, tidak dapat digunakan. Atau dapat digunakan kembali dengan cara mencabut baterai. Namun apakah selamanya selalu mencabut baterai? Dan bagaimanakah caranya agar smartphone tidak terus-terusan menjadi lamban.

Beberapa Cara Yang Harus Dilakukan Agar Smartphone Tidak Sering Hang

Meskipun dikatakan sebagai smartphone, tapi tetap memiliki beberapa kekurangan. Terlebih jika pengguna smartphone tidak dapat menjaga kesehatan dari smartphone tersebut maksudnya tidak dapat merawat kinerja smartphone. Apabila pengguna smartphone tidak dapat merawat dengan baik smartphone yang digunakan, ada kalanya smartphone akan ngadat, mungkin ngehang, atau muncul jam pasir yang terlalu lama. Maka selain pengguna menjalankan semua aplikasi smartphone juga harus bisa melakukan perawatan pada smartphone.

Penyebab smartphone menjadi sering hang atau selalu muncul jam pasir karena beberapa hal yang mungkin tidak disadari oleh pengguna smartphone. Beberapa penyebabnya yaitu

Smartphone Sering HangTidak mengenali jenis smartphone yang digunakan. Maksudnya disini pengguna tidak mengetahui batasan-batasan kemampuan yang dimiliki oleh smartphone. Misalnya pengguna berkali kali pindah menjalankan aplikasi tanpa menutup aplikasi sebelumnya, ini menyebabkan sistem pada smartphone harus kerja lebih keras untuk menjalankan semua aplikasi. Kemungkinan yang terjadi adalah pada layar smartphone muncul jam pasir atau terjadi hang pada smartphone.

Perhatikan space memory internal yang sudah disediakan, karena jika space memory internal semakin kecil dapat dipastikan kinerja smartphone juga akan melemah. Ini disebabkan karena aplikasi dan fitur banyak diinstall pada smartphone membuat space memory internal menjadi semakin kecil sehingga dalam proses menjalankan perintah pada sistem menjadi semakin berat dan lama bahkan kadang smartphone menjadi hang.

Banyak aplikasi yang masih berjalan meskipun di layar tidak ada apapun. Karena biasanya aplikasi dalam keadaan hidden background, artinya aplikasi tetap berjalan tetapi di balik background. Sehingga apabila menjalankan aplikasi yang lain sering menjadi berat, karena memang banyak aplikasi yang masih berjalan.

Ada beberapa cara agar smartphone menjadi tidak sering hang atau selalu muncul jam pasir dengan melakukan beberapa hal berikut ini yaitu

Sebelum menggunakan smartphone kenali dan pelajari tipe dari smartphone yang akan digunakan, hal ini bertujuan untuk memahami spesifikasi dari smartphone tersebut karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang sama. Karena dengan memahami spesifikasi smartphone yang digunakan pengguna dapat membatasi dalam menjalankan aplikasi, dan dalam berpindah-pindah aplikasi dapat dilakukan dengan perlahan. Sehingga tidak memicu kinerja sistem yang berlebihan.

Selalu hapus aplikasi yang tidak terpakai atau yang tidak dikenali. Hal ini dimaksudkan agar space memory internal menjadi lebih banyak sehingga proses sistem dalam menjalankan perintah menjadi lebih cepat. Menghapus aplikasi yang tidak dikenal juga bertujuan untuk menghindari aplikasi yang dapat menyebarkan virus atau mengambil data dari smartphone.

Jangan terlalu sering menggunakan tombol home untuk menutup aplikasi. Karena pada dasarnya tombol home tidak berfungsi untuk menghentikan atau menutup aplikasi, melainkan mengubah mode aplikasi yang sedang berjalan menjadi dibalik background. Sehingga ketika membuka aplikasi yang lain akan terasa berat dan lama, terkadang muncul jam pasir dan berakhir pada sistem hang. Tidak jarang ditemukan smartphone menjadi cepat panas dalam waktu sebentar. Untuk itu gunakan tombol back pada menu smartphone karena tombol inilah yang fungsinya menutup aplikasi secara sempurna.

Dalam menjalankan smartphone dibutuhkan perawatan untuk tetap menjaga kinerja dari smartphone. Dan selalu perhatikan cara yang harus dilakukan agar smartphone tidak sering hang dengan cara-cara yang memang seharusnya dilakukan oleh pengguna smartphone. Dengan tujuan smartphone dapat bekerja secara maksimal.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho