Cara dan Tips Untuk Membersihkan Handphone Layar Tipe Touchscreen | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara dan Tips Untuk Membersihkan Handphone Layar Tipe Touchscreen

ads Google
Layar tipe touchscreen pada handphone merupakan sebuah perangkat terbaru yang digunakan pada model beberapa handphone dengan sistem kerja berdasarkan sentuhan jari pada layar sehingga semua pengoperasian dari aplikasi dan fitur di dalam handphone menggunakan sentuhan jari dari layar. Layar sentuh memiliki tingkat kesensitifitas dan akurasi yang sangat tinggi, sehingga dengan sedikit sentuhan saja menu sudah dianggap dipilih dan dijalankan. Layar sentuh banyak digunakan pada model handphone tipe smartphone seperti android, iphone, dan blackberry. Layar touchscreen memiliki karakteristik yang menawan dan elegan, sehingga banyak pengguna smartphone lebih memilih tipe smartphone dengan layar touchscreen. Namun dari sistem touchscreen masih terdapat beberapa kelemahannya juga.

Cara dan Tips Untuk Membersihkan Handphone Layar Tipe Touchscreen

Kelemahan yang terdapat pada layar tipe touchscreen yaitu terkadang sering terjadi proses eror atau ngehang. hal ini disebabkan karena pada saat kita melakukan perintah pada layar, perintah sebelumnya masih diproses, sehingga sering dialami pada saat menekan layar seperti tidak ada proses. Misalnya pengguna smartphone layar sentuh mengetik pesan terlalu cepat, sedangkan sistem pada smarpthone sedang menerjemahkan tiap tiap perintah tersebut hingga akhirnya layar touchscreen menjadi hang, biasanya sifatnya ini sementara, jadi semua perintah akan tetap dijalankan tetapi secara bersamaan di akhir pengetikan. Akan tetapi hal ini kadang menyebabkan sistem menjadi eror dan kadang restart dengan sendirinya. 

Namun demikian penggunaan dari layar dengan tipe touchscreen juga tergolong sangat mudah karena dengan menyentuh pada bagian layar sudah dapat menjalankan aplikasi, karena pada saat menyentuh layar, sensor pada layar akan meneruskan ke dalam sistem sehingga terjadi proses penerjemahan informasi yang pada akhirnya akan menyesuaikan semua gerakan pada sentuhan. Layar Touchscreen memang dapat dikatakan lebih simple daripada harus menggunakana keypad, dan tidak membutuhkan bidang lain lagi, cukup semua dikerjakan pada layar handphone atau smartphone dengan tipe layar sentuh.

Meskipun Layar tipe touchscreen merupakan layar dengan tekonolgi tinggi tetap memerlukan sebuah perawatan dar pengguna smarpthone tipe layar sentuh. karena pada dasarnya layar inilah yang memiliki resiko kerentanan yang sangat tinggi. Sehingga harus diperlakukan dengan hati-hati agar layar tidak cepat rusak. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk membersihkan handphone layar tipe touchscreen.


Tips Untuk Membersihkan Handphone Layar Tipe Touchscreen
  • Penggunaan pelindung layar, seperti antigores karena dapat mengurangi resiko goresan-goresan yang mungkin terjadi ketika sedang beraktivitas. Sehingga layar selalu terjaga dari setiap kecerobohan pengguna smartphone yang dilakukan tanpa sengaja atau sengaja.

  • Hindari menekan layar sentuh terlalu keras dan mengetik atau melakukan perintah terlalu cepat. Karena layar sangat sensitif terhadap sentuhan jadi cukup ditekan dengan lembut, sebab tanpa menekan terlalu keras juga sensor pada layar sudah dapat membaca perintah yang disampaikan oleh pengguna smartphone. Dan usahakan jangan melakukan pengetikan terlalu cepat karena sistem juga harus membaca perintah sentuhan untuk selanjutnya diteruskan pada software untuk menghasilkan kata-kata pada setiap pengetikan di layar.

  • Jangan pernah menyimpan smartphone pada saku celana, terutama celana yang sangat ketat. Hal ini yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone, padahal apabila kebiasan ini dilakukan terus menerus dapat menyebabkan sensor pada layar tipe touchscreen menjadi rusak. Hal ini disebabkan karena sensor mendeteksi tekanan-tekanan pada layar lebih dari satu, dan semua itu dianggap perintah yang menyebabkan sensor menjadi tidak stabil dan rusak.

  • Dan yang terakhir dan yang utama adalah selalu bersihkan layar menggunakan kain yang halus. Jangan gunakan pembersih dari kertas tisu atau sejenisnya, karena dapat menyebabkan guratan-guratan atau goresan-goresan pada layar tipe touchscreen.
Layar tipe touchscreen dapat dikatakan sebuah teknologi canggih yang belum ada saingan sampai saat ini. Akan tetapi tetap memerlukan sebuah perawatan untuk tetap menjaga performa dari layar tersebut. Selalu rawat dan bersihkan handphone layar tipe touchscreen agar dapat menikmati kualitas layar tipe touchscreen yang sangat menawan.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho