Alasan Smartphone Selalu Cepat Panas Apabila Digunakan | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Alasan Smartphone Selalu Cepat Panas Apabila Digunakan

ads Google
Smartphone selalu cepat panas apabila digunakan merupakan hal yang sering dirasakan oleh pengguna smartphone atau handphone. Panas berlebihan atau biasa disebut overhating kadang dialami oleh pengguna smartphone. Hal ini terjadi karena beberapa hal yang sangat beragam, dapat terjadi karena aplikasi yang berjalan secara bersamaan, penggunaan yang berlebihan, misalnya telepon sampai berjam-jam, menyalakan aplikasi pemutar musik dengan suara paling keras dapat menyebabkan sistem bekerja lebih untuk menjalankan semua aplikasi.

Alasan Smartphone Selalu Cepat Panas

Panas yang berlebihan apabila bukan karena baterai pada dasarnya nanti akan berpengaruh pada kinerja baterai smartphone tersebut. Secara umum smartphone menjadi cepat panas karena ketika menjalankan aplikasi lebih dari satu secara bersamaan. Selain hal umum tersebut, terdapat juga beberapa hal yang menyebabkan smartphone atau handphone menjadi cepat panas.

Alasan Smartphone selalu cepat panas apabila digunakan
  • Smartphone sering digunakan untuk telepon terlalu lama, sehingga proses kinerja smartphone menjadi berat.

  • Digunakan untuk bermain game yang sangat berat, sehingga prosesor atau RAM dituntut untuk bekerja lebih keras dan menggunakan daya dari baterai lebih besar.

  • Kondisi luar handphone atau smartphone yang sangat panas juga berpengaruh karena apabila kondisi suhu panas menjadikan smartphone ikut panas, karena terpengaruh suhu dari luar.

  • Jaringan sinyal yang lemah juga membuat smartphone menjadi cepat panas apabila digunakan untuk melakukan proses browsing. Hal ini dikarenakan smartphone dipaksa untuk bekerja keras mencari jaringan sinyal yang lebih bagus untuk digunakan pengguna dalam melakukan proses browsing.

  • Aplikasi yang sedang dijalankan pada smartphone lebih dari satu dan memakan banyak daya baterai sehingga prosesor bekerja ekstra. hal ini terjadi meskipun layar terlihat kosong, karena aplikasi yang berjalan biasanya dalam mode background.

  • Kerusakan pada baterai itu sendiri juga membuat smartphone menjadi cepat panas. Kemungkinan yang terjadi dikarenakan baterai sudah rusak, bocor, atau kembung karena pada saat proses charging tidak sepenauhnya baterai terisi sehingga merusak kinerja dari smartphone tersebut.
Alasan Smartphone Selalu Cepat Panas Apabila Digunakan
Cara yang digunakan apabila Smartphone selalu cepat panas apabila digunakan
  • Penggunaan smartphone yang sewajarnya dapat mengurangi tingkat kinerja smartphone, dengan tidak menelpon terlalu lama. Penggunaan secara berlebihan juga tidak baik bagi baterai karena dapat membuat baterai menjadi boros. Sehingga dengan menggunakan smartphone secara wajar dapat mengurangi tingkat keborosan dari baterai.

  • Simpan smartphone di dalam ruangan yang sejuk, tidak panas. Jangan biasakan menyimpan smartphone pada saku celana karena kondisi suhu pada celana panas, sehingga berpengaruh pada sistem yang bekerja pada smartphone.

  • Apabila ingin melakukan proses browsing pada smartphone usahakan di ruangan terbuka dan suhu tidak panas. Karena apabila dilakukan di ruangan terbuka sinyal jaringan menjadi lebih kuat sehingga tidak menimbulkan proses kinerja sistem yang berlebih. Apabila sinyal lemah jangan memaksa menggunakan sinyal 3G karena membuat sistem bekerja lebih ekstra untuk menyediakan jaringan tersebut.

  • Ganti baterai apabila memang sudah tidak layak untuk digunakan karena baterai yang rusak dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone dan dapat merusak smartphone tersebut.

Untuk membuat smartphone bekerja secara optimal perlu dilakukan beberapa perawatan, terutama apabila smartphone menjadi cepat panas dan baterai menjadi cepat habis. Karena apabila Smartphone selalu cepat panas apabila digunakan ini terjadi dapat membuat smartphone menjadi rusak dan tidak dapat digunakan kembali
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho