Bagaimana cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Bagaimana cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android

ads Google
Bagaimana cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android, itulah yang mungkin sering diucapkan oleh pengguna android yang masih baru dalam menggunakan smartphone android. Hal ini dikarenakan pada android seringnya terjadi boros baterai. Handphone lain mungkin bisa tahan 2 (dua) sampai 3 (tiga) hari, sedangkan android baru beberapa jam sudah berkurang banyak, bahkan tidak sampai sehari baterai sudah habis.

Bagaimana cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android

Pada dasarnya semua baterai handphone sama, untuk baterai yang digunakan pada android juga sama seperti baterai pada umumnya. Yang membedakan adalah mekanisme penggunaan baterai pada smartphone itu sendiri, dikarenakan menggunakan sistem operasi android, maka suplay tenaga dari baterai yang digunakan ke smartphone semakin besar, semakin tinggi tipe OS Android, semakin besar juga daya penggunaan baterainya.

Sebagian besar smartphone berbasis android boleh dikatakn boros baterai. hal ini dapat dilihat dari sistem yanh dipakai pada android, fitur-fitur menarik yang sebenarnya mengharuskan sistem android untuk bekerja non stop. Sehingga sistem harus membutuhkan suplai tenaga dari baterai, hal tersebut yang sebenarnya membuat baterai menjadi boros.


Cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghemat baterai adalah menghapus program atau aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pengguna android. Selanjutnya jangan gunakan aplikasi penghemat baterai, karena pada dasarnya tidak ada aplikasi yang dapat menghemat baterai, justru aplikasi tersebut akan membuat sistem android yang bekerja menjadi semakin berat.

Trik sederhana untuk menghemat baterai android dengan menurunkan contrast layar, menurunkan screen time out, mematikan background data dan sync, mematikan internet bila tidak diperlukan, sudah itu saja intinya.

Sebetulnya cara yang paling sederhana untuk menghemat baterai pada android yaitu yang pertama dengan menurunkan screen time out atau batas waktu layar menyala, karena semakin singkat waktu nyala layar smartphone maka intensitas penggunaan baterai semakin kecil.

Yang kedua adalah dengan menurunkan kontras layar, kontras layar atau pencahayaan pada smartphone diusahakan paling redup, karena dengan batas kontras paling redup otomatis penggunaan daya pada baterai menjadi semakin kecil. Jangan khawatir masalah menu atau layar menjadi tidak terbaca atau tidak kelihatan, meskipun kontras paling kecil atau mendekati redup, pengguna masih dapat menggunakan smartphone tersebut dan tidak merusak mata.

Merubah layar wallpaper menjadi warna hitam atau gelap sehingga penggunaan daya baterai menjadi sedikit.


Cara Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android

Sedangkan untuk merawat baterai cukup dengan menggunakan charger bawaan dari smartphone tersebut. Usahakan jangan menggunakan charger dari handphone atau smartphone lain. hal ini dikarenakan meskipun bentuk chargernya sama, kabel USB chargernya sama akan tetapi yang membedalan adalah arus dari masing masing charger. Tidak semua charger memberikan tekanan arus listrik yang sama ke handphone atau smartphone, beda pabrikan smartphone atau handphone, beda pula chargernya. Misalnya charger Samsung menghantarkan arus ke baterai sebesar 1000mA sedangkan Nokia hanya menghantarkan arus 1600mA hal tersebut yang nantinya akan membuat baterai cepat habis atau drop.

Merawat dan Menghemat pada Penggunaan Baterai Handphone Android
Melakukan charging handphone atau smartphone satu hari penuh, biasanya ini dilakukan pada malam hari. usahakan hal tersebut dihindari karena secara tidak langsung dapat merusak komponen handphone dan membuat baterai ngedrop. Meskipun pada android memiliki sistem pemutus arus apabila baterai sudah penuh, akan tetapi sebaiknya jangan lakukan proses charging seharian penuh dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan yang benar pada smartphone bersistem operasi android dapat memperpanjang umur dari android tersebut. Terlebih merawat dan menghemat penggunaan baterainya, membuat smartphone menjadi awet dan tidak cepat rusak.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho