Kenapa Handphone Yang Sering Dipakai Terkadang Restart Dengan Sendirinya | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Kenapa Handphone Yang Sering Dipakai Terkadang Restart Dengan Sendirinya

ads Google
Handphone yang sering dipakai terkadang restart dengan sendirinya merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh para pengguna karena sangat mengganggu dan memperlambat kinerja dari handphone itu sendiri. Handphone yang sering restart sendiri secara umum dapat diakibatkan oleh dua hal umum, yaitu yang pertama disebabkan dari kondisi software handphone yang tidak dapat berjalan dengan baik dan normal dan kondisi hardware handphone yang rusak.

Kenapa Handphone Yang Sering Dipakai Terkadang Restart Dengan Sendirinya

Yang pertama disebabkan dari kondisi sortware pada handphone atau sistem operasi pada handphone yang tidak dapat berjalan dengan baik dan normal. Sehingga ada suatu kondisi dimana sistem menjadi error atau hang yang menyebabkan proses menjadi terputus dan secara otomatis harus melakukan restart ulang. Handphone restart sendiri tersebut seringnya terjadi ketika sedang melakukan panggilan atau meneri telepon, browsing internet, atau mengetik sms.

Yang Kedua disebabkan dari kondisi hardware yang rusak atau beberapa bagian hardware yang tidak dapat bekerja dengan baik. Sehingga pada kondisi tertentu hardware tersebut tidak dapat bekerja dengan baik yang menyebabkan mati secara otomatis. Terkadang pada handphone tertentu handphone yang sudah mati tersebut secara otomatis merestart dengan sendirinya.

Hal yang dapat dilakukan apabila handphone yang sering dipakai terkadang restart dengan sendirinya

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika handphone sering restart sendiri adalah dengan melakukan hard reset yaitu melakukan reset software pada handphone menjadi mode factory atau setingan awal handphone, sehingga semua sistem, aplikasi, dan menu yang terdapat di dalam handphone menjadi normal. Mode setingan awal pada tiap handphone berbeda-beda, misalnya untuk handphone nokia memiliki kode PIN 12345 sedangkan untuk smartphone lain biasanya menekan tombol start, tombol menu, dan volume naik.

Apabila hal tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, artinya handphone masih sering terjadi restart sendiri maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang pada sistem operasi pada handphone tersebut. Yaitu dengan mengganti semua sistem software pada handphone dengan software baru dengan proses install ulang.

Langkah kedua apabila hardware yang rusak, sebaiknya cek komponen komponen handphone yang menyebabkan handphone tersebut restart dengan sendirinya. Lakukan pengecekan komponen dengan menggunakan multi tester atau lakukan pengecekan manual pada tombol-tombol pada handphone mungkin saja terjadi konslet yang menyebabkan handphone menjadi restart sendiri.

Kenapa Handphone Terkadang Restart Dengan Sendirinya

Agar handphone yang sering dipakai terkadang restart dengan sendirinya usahakan lakukan perawatan yang intensif pada handphone dengan cara

- membersihkan konektor pada bidang kartu SIM, konektor pada bidang kartu SIM yang berdebu dan kotor sering mempengaruhi proses kecepatan transfer data pada SIM menuju ke handphone. 
- membersihkan konektor pada bidang baterai, konektor pada bidang baterai yang berdebu dan kotor sering mempengaruhi jalannya arus listrik yang mengalir dari baterai ke handphone, sehingga kinerja handphone menjadi kurang maksimal.

Usahakan hal tersebut dilakukan agar handphone tidak cepat rusak dan handphone tidak mengalami  restart dengan sendirinya.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho