Cara Yang Digunakan Untuk Mengatasi Tablet Android Sering Hang Pada Saat Proses Start Up | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Yang Digunakan Untuk Mengatasi Tablet Android Sering Hang Pada Saat Proses Start Up

ads Google
Tablet Android merupakan salah satu gadget yang saat ini sedang dicari oleh banyak orang. Banyak sekali jenis dan tipe dari tablet android ini, selain itu harganya juga bervariasi, dari yang paling mahal sampai yang termurah semua tersedia di pasaran. Namun seperti halnya alat elektronik lainnya, tablet sering mengalami beberapa permasalahan, seperti hang saat proses start up, masalah sinkronisasi data dengan gmail atau dengan android market, touchscreen bermasalah.

Cara Yang Digunakan Untuk Mengatasi Tablet Android Sering Hang Pada Saat Proses Start Up

Beberapa kasus yang sering terjadi lebih sering pada tablet android adalah masalah touchscreen yang sudah tidak sensitif lagi dan layar menjadi hang pada saat start up. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa faktor, yang umumnya terjadi yaitu

- Memory internal dengan kapasitas kecil dan dipenuhi dengan berbagai macam file, data, gambar atau poto dan video. Hal tersebut yang kadang menyebabkan proses loading pada tablet menjadi lebih lama bahkan akan mengalami proses restart sendiri karena sistem gagal berjalan. Selain itu kemungkinan terjadi kondisi hang pada saat start up juga akan terjadi mengingat space pada memory terlalu sedikit, sehingga membuat tablet menjadi cepat panas dan akan berakhir pada kondisi hang.

- RAM berukuran kecil namun dipaksakan dengan install berbagai macam aplikasi yang melebih batas kapasitas dari RAM tersebut, selain itu proses multitasking. Hal selanjutnya yang sering terjadi adalah aplikasi yang diinstall melebihi kapasitas RAm, atau hanya menyisakan sedikit space pada RAM sehingga membuat proses kinerja sistem menjadi lamban. Selain itu beberapa aplikasi juga selalu pada mode auto sync, biasanya aplikasi seperti google account, kalender, email client, situs jejaring sosial.

Cara Yang Digunakan Untuk Mengatasi Tablet Android Sering Hang


Solusi untuk tablet yang sering hang pada saat start up antara lain yaitu

- Jika penyebabnya adalah memory internal penuh maka sebaiknya pindahkan data, file, gambar, poto atau video ke dalam micro slot disk, atau memory eksternal. Sehingga memory internal tidak penuh dengan data, karena space pada memory internal juga berfungsi untuk memberikan ruang pada sistem dalam melakukan proses menjalankan suatu aplikasi. Selain memindahkan data dan file tersebut, pastikan juga data yang tidak terpakai dihapus dari memory internal tersebut, karena data dan file sampah biasanya muncul ketika suatu aplikasi kita hapus dan meninggalkan beberapa folder yang tidak terhapus secara otomatis.

- Jika penyebab hang adalah RAM berukuran kecil. Hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang ada di dalam tablet android tersebut. Usahakan aplikasi yang terpasang di dalam tablet tersebut adalah aplikasi yang benar-benar terpakai sehingga tidak memenuhi space pada RAM. Sehingga kemungkinan terjadinya hang pada saat start up akan menjadi kecil. Dengan space RAM yang bertambah maka kinerja dari tablet android akan menjadi optimal kembali.

Untuk mendapatkan kinerja tablet android yang maksimal adalah dengan memperhatikan perawatan dari tablet itu sendiri, semakin kita memakai android dengan perawatan alakadarnya maka juga akan mempercepat proses kerusakan pada tablet tersebut.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho