Bagaimana Memaksimalkan Kapasitas Memori Pada Perangkat iPhone | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Bagaimana Memaksimalkan Kapasitas Memori Pada Perangkat iPhone

ads Google

Memaksimalkan kapasitas memori pada perangkat iphone. Hal yang menjadi salah satu bentuk kekurangan dari model iphone adalah keterbatasan memori penyimpanan pada device tersebut. Jika memori pada iphone sudah tidak dapat mencukupi penyimpanan bagaimanakah caranya untuk mengatasi hal tersebut. Mungkin bisa dilakukan dengan cara membeli jenis iphone baru, namun jika kita memiliki uang lebih.

Iphone tidak seperti salah satu kompetitornya yaitu android, dimana di dalam hampir semua android disediakan slot untuk menempatkan memori eksternal tambahan. Hal tersebut yang sampai saat ini belum dimiliki oleh perangkat iphone. Sehingga keterbatasan tersebut mempengaruhi dalam penggunaan perangkat tersebut.
Bagaimana memaksimalkan kapasitas memori pada perangkat iphone

Cara memaksimalkan kapasitas memori pada perangkat iphone agar tidak melebihi kapasitas iphone itu sendiri dapat dilakukan dengan cara

1. Tidak menginstall aplikasi yang tidak dibutuhkan
Beberapa aplikasi yang terdapat di dalam iphone sebenarnya tidak membutuhkan space yang terlalu besar, akan tetapi beberapa aplikasi jika digunakan terus menerus maka tanpa disadari akan memakan space memori lebih besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut alangkah baiknya jika melakukan pengecekan terhadap penggunaan space memori pada suatu aplikasi dengan melakukan tahapan yaitu masuk ke menu pengaturan kemudian pilih menu umum dan pilih usage. Dari menu usage tersebut akan muncul list aplikasi yang sedang beroperasi pada perangkat iphone dan dapat dilihat pula besaran space memori yang digunakan pada masing masing aplikasi. Hapus aplikasi yang sekiranya tidak bermanfaat dan memakan banyak space pada memori iphone sehingga kinerja iphone dapat maksimal kembali.

2. Mengecilkan kualitas gambar dan video pada iphone
Cara ini dilakukan untuk mengurangi besaran memori yang terpakai untuk menyimpan media gambar ataupun video. Pilihan ini memberikan fungsi untuk melakukan perubahan kualitas pada gambar ataupun video meskipun jauh dari kata baik akan tetapi gambar dan video tersebut masih dapat dinikmati oleh pengguna iphone. Cara yang dilakukan adalah masuk ke tab summary yang muncul di tampilan sync iTunes kemudian di dalam menu tersebut terdapat pilihan convert higher bit rate song to 128 kpbs ACC dan Prefered standard definition videos. Pilih kedua pilihan tersebut untuk mengurangi atau mengecilkan kualitas gambar dan video.

3. Sinkronisasi media gambar dan video yang benar-benar dibutuhkan
Metode sinkronisasi perangkat sering terjadi secara otomatis ketika terhubung dengan komputer. Hal ini yang menyebabkan gambar dan video yang terdapat di dalam komputer secara otomatis akan masuk ke calam perangkat iphone dan akan menghabiskan space memori pada iphone. Untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan cara sebagai berikut. Pada iphone buka menu iTunes kemudian pilih sync iphone. Setelah memilih menu sync iPhone maka dibagian bawah akan muncul pilihan sync only chcked songs and videos, pilih pilihan tersebut dengan cara ceklist atau menandai pilihan tesebut. Selanjutnya buka tab Musik. Pada opsi Selected playlists, artist, albums, and genres, lakukan unceklist pada pilihan tersebut. Setelah dilakukan maka perangkat iphone akan aman dari sinkronisasi komputer dengan iphone.

Cara memaksimalkan kapasitas memori pada perangkat iphone di atas hanya sebagian teknik dan cara yang dipakai untuk membantu performance dari iphone itu sendiri, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas memori pada iphone.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho