Bagaimanakah Cara Memperbaiki Memory Card Handphone Yang Rusak | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Bagaimanakah Cara Memperbaiki Memory Card Handphone Yang Rusak

ads Google

Cara memperbaiki memory card handphone - Memory card merupakan kartu mikro yang memiliki banyak manfaat bagi pengguna handphone. Dengan adanya memory card ini semua pesan, aplikasi, video, gambar dapat disimpan dengan baik. kartu memori ini sangat rentan dengan kerusakan yang secara umum dialami oleh pengguna memory card adalah memory card tidak terbaca oleh handphone atau komputer.
memperbaiki memory card handphone yang rusak
Kerusakan memory card yang sering kita jumpai sering disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
- Rentan Terserang Virus
Memory card tidak memiliki sistem antivirus seperti pada perangkat komputer, sehingga ketika memory card terhubung dengan perangkat yang terinfeksi virus maka secara otomatis memory card tersebut akan terjangkit virus tersebut.

- Sering dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lain
Seringnya memindahkan memory card dari satu perangkat ke perangkat lain secara tidak sadar sering kita lakukan. ternyata hal ini memberikan efek negatif pada memory card yaitu menurunkan kinerja memory karena dengan berpindahnya dari saru perangkat ke perangkat lain akan memaksa memory card tersebut untuk bekerja esktra menyesuaikan dengan sistem perangkat tersebut.

- Tersentuh Magnet dalam waktu lama
sebisa mungkin hindarkan magnet dalam bentuk apapun dari memory card, karena magnet ini dapat merusak partikel-partikel yang terdapat di dalam lempengan memory card.
memory card handphone yang rusak
Cara memperbaiki memory card handphone yang rusak dapat kita lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
- Bersihkan Memory Card secara manual
Membersihkan memory card secara manual disarankan jika memory tidak terbaca pada komputer ataupun handphone karena kotor karena karat pada tembaga atau kuningan di memory. Cara membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil. Gunakan penghapus pensil untuk membersihkan bagian karat pada tembaga atau kuningan. Setelah itu coba pasang ke handphone atau komputer. Apabila langkah ini tidak berhasil maka lakukan langkah berikutnya

- Tindakan Format dengan menggunakan windows explorer
1. Cabut kartu memori dari handphone, kemudian pasang ke komputer menggunakan card reader atau kabel data
2. Buka Explorer kemudian pilih drive sesuai tempat memory card, kemudian klik kanan
3. Pada saat klik kanan maka akan muncul pilihan (FAT, FAT32, NTSC, dan lainnya). pastikan untuk pilihan tersebut adalah FAT.
4. Terakhir klik "format now" dan tunggu sampai selesai.

Apabila langkah ini berhasil maka selamat anda sudah dapat menggunakan memory card anda kembali. Namun apabila masih tidak dapat terbaca maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

- Tindakan Format dengan menggunakan Format Command Line
1. Buka menu start, pilih atau ketik RUN maka akan muncul tampilan baru
2. Pada tampilan tersebut ketik CMD dan enter maka akan muncul format MSDOS Command Promp
3. Ketik FORMAT (letak memory card) : /FS:FAT tekan enter

- Back up isi memory card
Merupakan cara yang sudah dilupakan sebagian besar orang. Membackup data yang terdapat di dalam memory card merupakan sebuah langkah kecil untuk mencegah hilangnya data yang terdapat di dalam memory card meskipun hanya sebagian data yang kita backup tidak ada salahnya daripada kita kehilangan semua data yang kita punya.

Cara memperbaiki memory card handphone diatas hanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang sifatnya bukan bad sector, jika kerusakan sifatnya bad sector alangkah baiknya untuk menggunakan garansi pada memory card tersebut.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho