Cara Mengatur Touchscreen Error Pada Handphone | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Mengatur Touchscreen Error Pada Handphone

ads Google
Cara mengatur touchscreen error pada handphone. Masih membahas tentang sebuah layar sentuh atau touchscreen pada handphone. Seringnya sebuah handphone dengan tipe layar sentuh atau touchscreen sangat rawan dengan kerusakan pada layar itu sendiri. Bukan karena kerusakan pada memori handphone atau komponen handphone. Melainkan penyimpanan handphone yang tidak benar misalnya penyimpanan pada saku celana dapat membuat sensitivitas handphone berkurang, seringnya mengganggu kalibrasi pada layar touchscreen atau layar sensitivitas tidak sesuai dengan bidang yang disentuh.
cara mengatur touchscreen error pada handphone
Biasanya ketika terjadi hal tersebut kebanyakan para pengguna layar sentuh akan memperbaiki handphone tersebut dengan cara service ke teknisi handphone, akan tetapi perlu diketahui bahwa kerusakan tersebut sebetulnya tidaklah begitu parah karena hanya perlu mengatur ulang kalibrasi touchscreen pada handphone. Proses perbaikan hanya membutuhkan bantuan logam kecil sejenis jarum atau apapun dengan catatan jangan sampai meninggalkan bekas goresan pada layar tochscreen. Untuk benda yang akan digunakan sebagai media harus berukuran kecil supaya proses kalibrasi tidak error.

Cara mengatur touchscreen error pada handphone dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
- Pertama kali harus melakukan pengecekan terhadap layar sentuh apakah kerusakannya hanya sekedar eror pada saat ditekan atau mati, bahkan layar pecah.
- Jika tidak pecah, maka coba dicek apakah layar error, jika error artinya bidang sentuh dengan hasil yang muncul pada layar tidak sesuai dengan bidang sentuh maka lakukan pengecekan pada pengaturan handphone.
- Pada umumnya untuk jenis handphone berlayar sentuh atau tochscreen terdapat menu pengaturan kalibrasi. Cari menu tersebut kemudian pilih.
- Sesaat setelah memilih menu tersebut maka layar akan menjadi blank, warna bisa menjadi hitam atau putih.
- Selanjutnya gunakan logam kecil yang sudah disiapkan kemudian tekan layar untuk melakukan kalibrasi.
- Setelah menekan salah satu bidang sentuh, maka akan muncul titik atau bidang pada salah satu bagian layar sentuh tersebut. Tekan bidang tersebut dengan media logam tadi dengan catatan mengikuti titik titik yang muncul pada layar dan sesuai urutan kemunculan titik titik tersebut.
- Lakukan sampai titik titik tersebut tidak muncul kembali, apabila proses kalibrasi sudah selesai maka posisi handphone akan dibawa kembali pada posisi restart.
- Setelah proses restart selesai lakukan pengecekan terhadap layar sentuh tersebut apakah suda berhasil atau belum, apabila belum berhasil lakukan sekali lagi dan pastikan pada saat kalibrasi, titik titik yang muncul tertekan dengan sempurna.

Cara mengatur touchscreen error pada handphone yang telah diuraikan di atas dapat dilakukan oleh semua pengguna handphone dengan catatan harus dilakukan dengan penuh ketelitian pada saat melakukan kalibrasi.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho