Cara Memperbaiki Touchscreen Handphone Yang Rusak | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki Touchscreen Handphone Yang Rusak

ads Google
Cara memperbaiki touchscreen handphone dapat dikatakan sedikit sulit dari perbaikan handphone lainnya. Layar sentuh atau touchscreen merupakan sebuah tampilan visula yang dapat mendeteksi sebuah keberadaan dari sentuhan pada layar, baik sentuhan dengan menggunakan benda ataupun sentuhan dengan menggunakan jari telanjang. Berbagai macam handphone touchscreen menggunakan banyak jenis layar misalnya TFT, OLED, atau CSTN.
cara memperbaiki touchscreen handphone yang rusak

Dengan teknologi touchscreen yang dapat dibilang teknologi yang menakjubkan ini banyak pengguna handphone yang berminat untuk menggunakan handphone layar sentuh. Akan tetapi hampir semua pengguna touchscreen tidak mengetahui cara kerja sistem touchscreen pada handphone dan tidak mengetahui kerusakan yang sering terjadi pada touchscreen. Karena hampir 95% semua menu dan tombol handphone touchscreen di dalam layar maka ketika layar touchscreen tidak dapat digunakan otomatis handphone tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Kecuali tombol untuk Call, End Call dan Menu.

Beberapa pengguna layar touchscreen beranggapan ketika layar touchscreen tidak dapat digunakan, walapun sudah disentuh beberapa kali tetap tidak bisa dianggap handphone sudah tidak dapat digunakan. Akan tetapi pendapat tersebut salah, karena touchscreen yang rusak sering tejadinya hanya pada layar touchscreen bagian atas, tidak secara keseluruhan layar touchscreen handphone. hal ini disebabkan karena layar touchscreen terdapat 2 lapisan, yaitu layar bagian luar dan layar bagian dalam.

cara memperbaiki touchscreen handphone yang rusak pada layar bagian atas dapat dilakukan sendiri dengan cara sebagai berikut.

- Ketika terindikasi layar sudah tidak sensitif atau bahkan tidak berfungsi, maka segera diperbaiki dengan cara matikan handphone, cabut baterai handphone, kartu memori, dan semua perangkat tambahan pada handphone.
- Buka penutup handphone dan lepas semua casing handphone. Kemudian lepas bagian tersebut dari mesin handphone.
- Pada saat melepas mesin dari casing maka akan terlihat layar touchscreen yang terdi dari 2 bagian yang lumayan tebal pada handphone tersebut yaitu layar bagian atas dan layar bagian dalam. 
- Lapisan touchscreen bagian atas merupakan bagian dari touchscreen yang berfungsi untuk bidang sentuh pada handphone, inilah bagian yang seringnya terjadi kerusakan. Segera ganti layar touchscreen tersebut dengan touchscreen yang baru.
- Pada saat penggantian layar touchscreen tidak boleh langsung dicabut dan diganti. Apabila hal tesebut dilakukan maka layar akan rusak total, hal ini dikarenakan pada layar tersebut tersambung kabel fleksi atau fleksibel LCD dan pada kabel fleksi tersebut disambung secara permanen.
- Sebelum dilepas buka sambungan fleksi dengan menggunakan solder kemudian baru bisa diganti layar touchscreen tersebut. Namun ingat harus tetap hati-hati karena kabel tersebut sangat tipis.
memperbaiki touchscreen handphone yang rusak
- Setelah layar touchscreen berhasil dilepas ganti dengan menggunakan layar touchscreen yang baru, biasanya kisaran harga layar touchscreen antara 150 ribu sampai 300 ribu.
- Pasang layar touchscreen yang baru secara hati-hati. Jangan lupa untuk menyambungkan kembali kabel fleksi yang sudah dilepas tadi dengan menggunakan solder.
- Selesi dipasang lakukan pengetesan dengan memasang baterai handphone untuk mengetahui apakah layar sudah bekerja dengan baik.
- Apabila layar touchscreen sudah dapat berfungsi kembali maka pasang kembali semua perangkat handphone dan casing seperti sediakala.

Cara memperbaiki touchscreen handphone yang rusak biasanya cukup membutuhkan ketelitian dalam pemasangan layar touchscreen akan tetapi jika sudah terbiasa, pemasangan tidak membutuhkan waktu yang lama.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho