Penyebab Suara Pada Speaker Handphone Pecah Dan Cara Untuk Memperbaikinya | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Penyebab Suara Pada Speaker Handphone Pecah Dan Cara Untuk Memperbaikinya

ads Google
Suara pada speaker handphone pecah bagi semua pengguna handphone memang sangat merugikan. hal ini dikarenakan speaker merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah handphone, handphone jenis apapun, smartphone tipe apapun jika speaker rusak atau tidak ada bunyi nilai gunanya menjadi turun drastis. Selain itu kegiatan komunikasi menjadi terganggu karena speaker tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Suara pada speaker handphone pecah sehingga menjadi kurang enak didengar disebabkan oleh beberapa hal antara lain
Speaker kotor karena terdapat kotoran atau debu yang menyebabkan suara yang dihasilkan dari speaker menjadi berdesis. hal ini biasanya disebabkan karena umur handphone yang sudah lama, dan jarang dibongkar chasing dari handphone tersebut. Sehingga memungkinkan debu dan kotoran menempel terlalu lama dan akhirnya menjadi kerak sehingga menutup lubang-lubang speaker.

Memutar volume musik pada posisi paling keras, hal ini dapat menyebabkan gendang speaker begetar terlalu kencang dan dapat merusak lapisan gendang speaker yang sangat tipis. Sehingga suara speaker akan menjadi gebar atau gembret karena speaker pecah.

Pada saat memutar sebuah lagu, tanpa disengaja atau memang sengaja posisi speaker berada di bawah. Maksud di bawah ini adalah posisinya menghadap pada bidang landasan, misalnya speaker handphone diletakkan di lantai dengan posisi speaker menghadap ke lantai. Secara suara, memang terdengar menjadi keras, bisa sampai 2 kali lipat. Akan tetapi secara tidak langsung membuat suara yang keluar dari speaker tidak langsung keluar karena tertutup speaker itu sendiri. Hal ini menyebabkan suara yang dikeluarkan speaker memantul kembali menuju speaker sehingga menyebabkan suara speaker handphone menjadi pecah.
Suara Pada Speaker Handphone Pecah

Mendengarkan musik lebih sering menggunakan headset. Hal ini paling banyak dilakukan oleh pengguna handphone penikmat musik karena dengan menggunakan headset tidak mengganggu orang dan lebih enak ketika mendengarkan musik. Sebenarnya, tanpa diketahui oleh pengguna handphone, menggunakan headset handphone yang terlalu sering menyebabkan speaker menjadi kehilangan daya, sehingga suara yang dikeluarkan lewat speaker juga menjadi kecil. Karena suara yang dikeluarkan dari speaker menjadi kecil, pada saat menikmati musik lewat speaker langsung secara otomatis daya yang dikeluarkan menjadi besar, hal tersebut dapat menyebabkan suara speaker menjadi pecah.

Karena saat memutar lagu, kita tidak mengatur Balance, Sound Refine, Sound fade dan sebagainya. Karena pengaturan diatas juga sangat berpengaruh pada suara Speaker.

Pada saat memutar lagu pengaturan sound, fade, dan refine tidak balance, sehingga suara yang keluar dari speaker tidak sempurna. Apabila hal ini terjadi terus menerus dapat menyebabkan suara menjadi pecah.


Cara yang dilakukan untuk memperbaiki suara pada speaker handphone pecah adalah sebagai berikut:
Speaker yang kotor dapat dilakukan dengan membuka chasing handphone, kemudian buka semua baut yang menempel agar speaker dapat terlihat dengan jelas. speaker pada handphone terletak pada bagian atas handphone dengan bentuk bulat. 

Speaker Handphone Pecah

Cek bagian belakang speaker yang menempel pada bagian PCB tubuh handphone, di bagian belakang terdapat dua kaki konektor atau penghubung, apabila kotor biasanya menyebabkan speaker tidak menyala atau suaranya menjadi pecah

Suara Pada Speaker Handphone Pecah Dan Cara Untuk Memperbaikinya

Gerakkan ke atas atau tarik ke atas speaker tersebut secara perlahan, jangan sampai patah atau lepas, hal ini untuk mengecek apakah speaker kendor atau lepas. Apabila kendor segera rekatkan kembali menggunakan solder.



Apabila speaker sudah dibersihkan dan direkatkan kembali tapi suara dari speaker masih pecah kemungkinan speakerlah yang rusak. Ganti dengan yang baru speaker yang suaranya pecah tersebut dengan hati hati agar lapisan tembaga pada PCB tidak ikut rusak atau terkelupas.

ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho