Tahukah apa itu yang namanya TFT, ada juga yang namanya AMOLED, bedanya apa | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Tahukah apa itu yang namanya TFT, ada juga yang namanya AMOLED, bedanya apa

ads Google
Tahukah apa itu yang namanya TFT dan AMOLED pada layar handphone. Sering dengar, atau sedang memakai salah satu dari jenis layar handphone tersebut tapi tidak tahu perbedaan dari masing masing jenis layar itu. Layar dengan model TFT dan AMOLED banyak digunakan untuk berbagai macam tipe handphone ataupun smartphone. Masing-masing memiliki perbedaan dari segi ketebalan, ketajaman, dan kekuatan dari layar. Untuk itu mari kita bahas satu persatu dari jenis layar TFT dan AMOLED.

TFT adalah kependekan dari kata Thin Film Transistor, adalah sebuah layar dengan tipe Liquid Crystal Display atau disingkat LCD. Dimana pada bagian-bagian pixel dalam layar handphone tipe ini dikontrol oleh lebih dari satu transistor. Teknik Panel data yang terbaik disediakan oleh teknologi layar berbasis TFT ini. Active-matrix LCD merupakan nama lain dari layar TFT dimana layar dari tipe Active-matrix ini dapat memunculkan warna-warna yang kaya dan permukaan layarnya sensitif terhadap sebuah sentuhan.

Tahukah apa itu yang namanya TFT, ada juga yang namanya AMOLED, bedanya apa


AMOLED adalah kependekan dari kata Active Matrix Organic Light Emitting Dioda. AMOLED merupakan pengembangan teknologi layar dari OLED yaitu ORganic LIght Emitting Dioda. Dimana OLED merupakan sebuah perangkat teknologi yang terdiri dari bagian-bagian film yang sangat tipis. Dimana film-film yang terpasang terkandung suatu organik molekul yang dapat memancarkan cahaya apabila dialiri suatu tegangan listrik sehingga OLED disini memiliki tingkat ketajaman yang sangat tinggi dengan konsumsi daya yang rendah. AMOLED merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu TFT (Thin Film Resistor) yang merupakan hasil perpaduan teknologi OLED dengan Active matrix LCD. Pertama kali AMOLED dikenalkan oleh perusahaan Samsung dengan meluncurkan smartphone layar sentuh berbasis AMOLED. Teknologi ini memiliki sistem fungsi sentuh secara langsung, metode ini dilakukan dengan menambah sensor pada sel LED.

TFT dan AMOLED merupakan sebuah layar yang terdapat pada handphone dengan proses kerja ada yang dengan model sentuhan atau disebut touchscreen. AMOLED merupakan pengembangan terbaru dari TFT dengan menggabungkan OLED dengan TFT. Sehingga teknologi dari TFT dan AMOLED merupakan teknologi yang boleh dikatakan sudah sangat tinggi untuk penggunaan sebuah handphone atau smartphone
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho