Permasalahan BootLoop Pada Android dan Cara Mengatasinya Tanpa Flashing | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Permasalahan BootLoop Pada Android dan Cara Mengatasinya Tanpa Flashing

ads Google
Permasalahan BootLoop Pada Android - Bootloop merupakan suatu permasalahan yang sering terjadi pada kebanyakan android yang beredar saat ini. Kondisi bootloop terjadi dimana keadaan sistem pada smartphone android tidak dapat melakukan proses booting atau start up sehingga pada smartphone android tersebut tidak dapat masuk ke dalam sistem menu utama. Keadaan yang terjadi pada saat adanya permasalahan bootloop smartphone android hanya menyala pada proses booting dan berhenti pada saat itu juga sehingga hanya memunculkan logo smartphone itu sendiri.

pada dasarnya penyebab terjadinya bootloop bermacam-macam, kegagalan sistem merupakan masalah utama hal ini terjadi karena kesalahan pada saat proses rooting pada smartphone android tersebut, apakah pada bagian file sistem UI yang bermasalah, font yang digunakan tidak sesuai, boot animation yang terlalu berat, atau kegagalan rooting itu sendiri dikarenakan tidak support dengan smartphone android tersebut.

android smartphone bootloop


Jenis Bootloop yang sering terjadi dapat dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu

Light Bootloop Android
Permasalahan yang sering terjadi dikarenakan sistem utama diutak atik dan pada saat melakukan settingan sendiri pada sistem utama tersebut tidak disertai dengan Recovery Mode sehingga sistem utama mengalami gangguan. Masalah yang sering terjadi biasanya ditandai dengan blank screen dan sifatnya hanya sementara.

Medium Bootloop Android
Permasalah pada bootloop ini dikarenakan menjalankan aplikasi atau script yang tidak jelas dan bermasalah, sehingga menyebabkan bootloop pada android. hal ini juga ditandai dengan proses booting tidak selesai dan berhenti pada bagian logo smartphone tersebut.

Hard Bootloop Android
hard bootloop adalah permasalahan bootloop yang dapat dikatakan permasalahan paling parah. Hal ini terjadi karena kesalahan sistem yang mungkin disebabkan adanya gangguan virus komputer yang tanpa disadari menyusup ke dalam sistem android. Masalah yang terjadi adalah proses booting tidak selesai dan tidak akan muncul tampilan menu pada smartphone, dan hanya berhenti pada logo dan kemudian restart berulang kali.

Jika pernah mengalami hal tersebut, maka sudah dapat dipastikan smartphone yang sedang digunakan mengalami bootloop, berikut ini cara menyelesaikan permasalah tersebut secara mudah tanpa harus melakukan flashing pada smartphone tersebut.


Cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing

Untuk masalah Light Bootloop Android
Cara Mengatasi masalah light bootloop dengan cara merestart smartphone android tersebut, kemudian cabut baterai dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya nyalakan seperti biasa.

Untuk masalah Medium Bootloop Android
Cara Mengatasi masalah medium bootloop adalah dengan melakukan recovery pada smartphone sebelum smartphone tersebut diutak atik atau dilakukan root. Jika terjadi kesalahan dalam proses root dapat dilakukan restore sehingga tidak ada sistem yang bermasalah nantinya

Untuk Masalah Hard Bootloop Android
Cara Mengatasi masalah Hard bootloop pada android adalah dengan melakukan Instal Ulang ke bawaan pabrik atau Factory Reset sehingga smartphone kembali ke bawaan semula seperti baru pada saat beli.

Permasalahan Bootloop terkadang memang menjadi salah satu hal yang paling membuat pengguna smartphone bingung, karena efek yang terjadi langsung terlihat yaitu layar menjadi blackscreen sehingga terkadang banyak yang memutuskan untuk ke service center, untuk meminimalkan pengeluaran sebaiknya cari dulu permasalahan yang terjadi pada smartphone tersebut jika memang masalahnya adalah bootloop maka segera lakukan cara tersebut diatas.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho