Cara Mengatasi Sim Card atau Kartu Sim Yang Tidak Terbaca Oleh Smartphone atau Handphone | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Mengatasi Sim Card atau Kartu Sim Yang Tidak Terbaca Oleh Smartphone atau Handphone

ads Google
Cara Mengatasi Sim Card atau Kartu Sim Yang Tidak Terbaca Oleh Smartphone atau Handphone - Komunikasi merupakan salah satu hal yang memang menjadi aktivitas sehari-sehari. Dalam berkomunikasi saat ini dibantu dengan adanya sebuah perangkat yang disebut handphone, alat ini membantu setiap orang untuk berkomunikasi dengan seseorang tanpa harus bertatap muka bahkan dari jarak yang sangat jauh orang masih dapat berkomunikasi menggunakan handphone. Dalam perkembangannya muncullah smartphone, yaitu sebuah handphone yang fungsinya selain untuk berkomunikasi juga dapat membantu memberikan informasi-informasi terbaru melalui media internet.

Cara Mengatasi Sim Card atau Kartu Sim Yang Tidak Terbaca Oleh Smartphone atau Handphone

Dalam menjalankan sebuah smartphone atau handphone dibutuhkan sebuah alat utama yaitu sim card, atau kartu sim (Subscriber Identity Module). Kartu SIM ini berukuran kecil dan memiliki fungsi untuk menyimpan data pengenal jasa telekomunikasi. setiap SIm card memiliki identitas yang berbeda-beda, maksudnya satu kartu sim satu nomor ponsel. Sehingga untuk melakukan komunikasi menggunakan handphone atau smartphone, harus ada kartu SIM atau SIM card ini.

Ada kalanya sebuah SIM card atau Kartu SIM tidak terbaca oleh smartphone atau handphone. Berbagai macam masalah sering terjadi yang menyebabkan sim card ini tidak terbaca. Untuk mengatasi masalah tersebut ada baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap SIM card tersebut.

Berikut ini cara mengatasi SIM card atau kartu SIM yang tidak terbaca oleh smartphone atau handphone

- Matikan terlebih dahulu handphone atau smartphone, cabut baterai dan coba cek SIM card atau Kartu SIM tersebut.

- Untuk memastikan, coba pasang smartphone atau handphone tersebut menggunakan sim card lain yang tidak terpakai. Cobalah untuk menyalakan smartphone atau handphone tersebut. Jika sim card terdeteksi maka dipastikan kerusakan hanya pada sim card sebelumnya, bukan pada dudukan sim card ataupun IC sim card di smartphone atau handphone tersebut.

- Jika kerusakan terjadi pada dudukan sim card atau IC sim card, maka harus diganti komponen tersebut. Untuk menggantinya diperlukan keahlian khusus, sebaiknya dibawa ke service terdekat.

- Namun jika kerusakan terjadi pada sim card atau kartu sim saja maka bersihkan lempengan tembaga yang terdapat pada sim card dengan menggunakan penghapus karet. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan karat dan kotoran-kotoran yang terdapat di sekitar tembaga.

- Cobalah untuk memasangkan kembali sim card atau kartu sim tersebut kembali. Kemudian nyalakan smartphone atau handphone, jika sim card terdeteksi berarti sim card masih dapat berfungsi hanya terhalang oleh kotoran. Apabila masih belum terdeteksi cobalah untuk mematikan kembali smartphone atau handphone tersebut.

-  cabut baterai dan sim card, dan diamkan selama beberapa jam. Selanjutnya pasang baterai dan sim card tersebut kemudian nyalakan kembali. Jika sim card sudah terdeteksi berarti sistem kinerja smartphone atau handphone mengalami sedikit gangguan. Namun jika sim card masih juga tidak terdeteksi maka sim card atau kartu sim tersebut benar-benar rusak dan sudah tidak dapat digunakan lagi.

- Namun jika masih merasa senang dengan nomor yang terdapat di sim card tersebut jalan satu satunya adalah membeli kartu sim baru kemudian melakukan ajuan kepada provider yang mengeluarkan sim card tersebut untuk melakukan perubahan nomor kartu. Namun hal ini membutuhkan waktu cukup lama, tapi berhasil. Dengan demikian anda tidak perlu mengganti nomor sim card.

Itu tadi adalah uraian singkat tentang cara mengatasi SIM card atau kartu SIM yang tidak terbaca oleh smartphone atau handphone. Semoga artikel kali ini membawa manfaat bagi para pembacanya.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho