Cara Mengamankan Data Yang Ada Di Dalam Smartphone Blackberry | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Mengamankan Data Yang Ada Di Dalam Smartphone Blackberry

ads Google
Cara mengamankan data yang ada di dalam smartphone blackberry - Blackberry merupakan sebuah smartphone yang sedang digemari oleh pengguna smartphone. Karena selain harganya yang terjangkau, fitur-fitur yang disajikan pada smartphone blackberry ini cukup memuaskan. Terlebih jumlah memory yang tertanam di dalam blackberry sangat besar sehingga tidak jarang banyak pengguna menyimpan data-data pribari mulai dari foto, file, lagu disimpan di dalam smartphone tersebut.

Namun dengan menyimpan data atau file pada smartphone secara permanen kurang begitu aman, hal ini dikarenakan kemungkinan jika smartphone secara tidak sengaja dibuka oleh orang lain maka orang tersebut dapat mengakses semua data dan file yang ada di dalam blackberry. Hal ini sangat mengganggu privasi. Dan jika blackberry hilang maka secara otomatis data-data yang disimpan di dalam smartphone blackbery juga akan ikut raib. Sehingga diperlukan cara untuk mengamankan data yang ada di dalam smartphone blackberry.

mengamankan data pada smartphone blackberry
mengamankan data yang ada di dalam smartphone

Banyak cara-cara sederhana yang mungkin dapat dilakukan untuk mengamankan data yang terdapat di dalam blackberry yaitu

Dengan menggunakan password pada blackberry

Untuk mengamankan data pada smartphone blackberry dapat menggunakan sebuah aplikasi password pada smartphone, sehingga data atau file tidak akan dapat diakses dengan mudah oleh orang lain. Untuk mengaktifkan aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan cara

- buka menu blackberry kemudian pilih option, setelah itu pilih menu security dan menu password, kemudian beri tanda ceklist pada kolom enable

cara mengamankan data pada smartphone blackberry dengan password

- selanjutnya dengan menuliskan kata sandi atau password pada blackberry dengan memilih menu set password. Masukkan akata kunci, usahakan kata kunci tersebut unik sehingga sulit ditebak oleh orang lain.

- setting number of password attempts, pilihan disini dari 3-10, yang dimaksud password attempts adalah kesempatan untuk mengulang password jika terjadi kesalahan, misalnya kita memilih di angka 5 maka kesempatan menuliskan password hanya sebanyak 5 kali.

- yang terakhir adalah setting lock after, pilihannya adalah 1 menit -1 jam, maksudnya disini ketika salah memasukkan password sebanyak batas maksimal maka blackberry akan terkunci secara otomatis selama waktu yang diinginkan.

Dengan melakukan backup data lewat komputer

Untuk mengamankan data selanjutnya adalah dengan membackup semua data yang ada di dalam smartphone ke dalam komputer. Jadi meskipun smartphone tersebut hilang pengguna tidak perlu khawatir, karena selain semua data sudah di password dan sudah dibackup ke dalam komputer. Untuk membackup data dapat menggunakan aplikasi yang sudah disediaka dari pihak blackberry yaitu dengan menggunakan Desktop Manager Blackberry.

cara mengamankan data pada smartphone

- Penggunaannya cukup mudah hanya dengan memilih menu backup untuk membackup semua data yang ada di dalam blackberry

-selanjutnya untuk mengupload data ke dalam blackberry dengan memilih menu restore

Dengan mengaktifkan enkripsi pada smartphone

Hal ini bertujuan untuk mengunci salah satu atau beberapa media files yang dianggap pribadi oleh pengguna smartphone. Sehingga tidak semua orang dapat mengakses media files yang terdapat di dalam smartphone. Untuk mengaktifkan aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan cara

- buka menu blackberry kemudian pilih option, setelah itu pilih menu security dan menu encryption, kemudian beri tanda ceklist pada kolom encrypt

cara mengamankan data pada smartphone blackberry


- selanjutnya ceklist semua kolom yang ada dibawah kolom encrypt.

Masih banyak cara yang digunakan untuk mengamankan data yang ada di dalam smartphone blackberry. Semua aplikasi dan cara yang digunakan untuk mengamankan data tersebut memang sangat membantu para pengguna sehingga tidak akan merasa khawatir apabila smartphone hilang atau rusak, karena data di dalam smartphone blackberry sudah diamankan.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho