Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Android Terserang Malware | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Android Terserang Malware

ads Google
Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Android Terserang Malware - Beberapa pengguna android banyak yang mengeluhkan kalau gadget mereka sering tidak dapat mengakses beberapa fitur, atau bahkan semua fitur yang terdapat pada android. Hal ini biasanya menjadi indikasi bahwa android terserang malware karena pada dasarnya sistem pada android memang tidak 100% aman dari berbagai macam serangan malware. Sehingga tidak sedikit berbagai macam malware dapat meyusupi sistem android sehingga membuat pengguna android merasa tidak nyaman.
Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Android Terserang Malware
Malicious Software atau yang biasa disebut sebagai Malware merupakan sebuah software buatan yang didesain khusus untuk dapat mengakses ke sistem sistem operasi seperti komputer tanpa diketahui oeh pengguna sistem operasi tersebut. Sistem operasi yang sering disisipi oleh malware antara lain laptop, komputer, internet, operating sistem (OS), bahkan pada android. Sebagian besar malware dibuat untuk mencuri informasi pada perangkat yang disusupi, sehingga data-data yang seharusnya bersifat rahasia dapat bocor kemanapun. Jenis malware yang sering menyerang sistem operasi android antara lain virus, worm, keylogger, spyware dan jenis-jenis kode yang berbaha lainnya.

Cara mengetahui kalau android terserang malware

Performa dari android menurun drastis
Hal ini yang pasti terjadi pertama kali apabila android terserang malware. Dengan adanya malware pada android sistem kerja dari berbagai aplikasi menjadi sangat berat bahkan untuk proses loadingpun terasa lama, karena sama halnya dengan sebuah komputer ketika diserang malware pasti sistem operasinya juga akan melambat.

Daya Baterai menurun dengan cepat
Baterai cepat habis bukan berarti baterai rusak atau kembung. Apabila terserang malware bisa jadi baterai juga akan terkena imbas dari serangan malware tersebut. Padahal pada kondisi tersebut pengguna tidak sedang menjalankan android. Hal ini disebabkan pada saat malware mulai bekerja menyerang berbagai macam aplikasi pada android juga akan membutuhkan daya, sehingga menggunakan sumber daya dari baterai pada android tersebut.

Penggunaan data pada android naik dengan pesat
Hal ini terjadi apabila malware menyerang android. Karena pada saat malware mencuri data-data pribadi dan rahasia, malware akan menggunakan kuota data yang ada pada android untuk mengirim data pribadi pengguna ke sumber malware dibuat.


Solusi harus dilakukan kalau android terserang malware

Berhati-hatilah dalam menjalankan aplikasi apapun pada android. Harus meneliti semua jenis aplikasi, karena pada saat memang aplikasi pada android pasti aplikasi tersebut harus membutuhkan ijin dari pengguna android. Baca dengan teliti pernyataan-pernyataan pada aplikasi tersebut. Apabila dianggap berbahaya maka hentikan proses pemasangan aplikasi tersebut.

Menghapus aplikasi-aplikasi yang diindikasi dapat menyebarkan malware. Dan untuk aplikasi yang tealh terinfeksi oleh malware segera hapus aplikasi tersebut agar tidak menyebar dan menginfeksi aplikasi lainnya.

Apabila usaha tersebut termasuk setingan pada android belum membuahkan hasil segera lakukan hard reset atau mereset android dengan mode factory reset. Karena dengan melakukan hal ini secara otomatis aplikasi yang diduga menyebarkan malware dan malware yang sudah menyerang android secara otomatis akan hilang dengan sendirinya.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho