Cara Memperbaiki Handphone Basah Karena Kemasukan Air | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki Handphone Basah Karena Kemasukan Air

ads Google

Cara memperbaiki handphone basah karena kemasukan air harus bisa dilakukan oleh setiap pengguna handphone. Penggunaan handphone saat ini menjadi begitu penting bagi setiap orang, oleh karena itu setiap pengguna juga harus dapat melakukan perawatan atau perbaikan saat handphone rusak karena kemasukan air.

Air yang secara tidak sengaja masuk ke handphone dapat mengakibatkan kerusakan serius pada bagian dalam handphone. Air tersebut dapat merusak komponen-komponen utama pada bagian dalam handphone seperti IC, CPU atau komponen lainnya. Akan tetapi tidak banyak pengguna handphone yang dapat memperbaiki handphone rusak tersebut. Hal ini disebabkan karena pengetahuan tentang elektronika yang mungkin masih terbatas.
cara memperbaiki handphone basah kemasukan air
cara memperbaiki handphone basah karena kemasukan air dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut.

Pertama
Segera mungkin setelah handphone kemasukkan air segera keluarkan baterai dari handphone dan lepas casing. Melepas baterai berfungsi untuk memutus aliran arus listrik dari baterai untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya konslet pada handphone

Kedua
Segera keringkan dengan cara mengangin-anginkan handphone tersebut di ruangan terbuka. Dengan catatan jangan dibawah sinar matahari langsung, karena dapat mengganggu kinerja handphone nantinya.

Cara lainnya dapat menggunakan vaacum cleaner untuk mengeringkan dan menyedot sisa sisa air yang masih Menempel pada komponen handphone. Dengan catatan jangan terlalu dekat dengan handphone karen dapat merusak handphone.

Ketiga
Keluarkan juga simcard dan memory card dari handphone untuk mencegah hilangnya data-data yang terdapat di dalam simcard dan memory card. Keringkan juga simcard dan memory card tersebut.

Keempat
Setelah dirasa cukup kering, simpan di dalam bahan yang dapat menyerap air, saran yang tepat simpan di dalam beras selama sehari semalam, karena berdasarkan uji coba, beras dapat menyerap lebih kuat air air yang terdapat di dalam komponen yang susah dijangkau sinar cahaya ataupun vaacum cleaner.

Kelima
Jika sudah semalaman disimpan, coba untuk menyalakan handphone tersebut. Sebelumnya pastikan bahwa handphone benar-benar kering. Pasang baterai kemudian coba untuk dinyalakan. Jika masih tidak bisa menyala, coba untuk melepas baterai dan mengganti dengan menggunakan baterai cadangan atau baterai lain. Jika handphone tersebut menyala, dapat disimpulkan bahwa baterai handphone tersebut yang rusak

cara memperbaiki handphone kemasukan air

Sarannya adalah dalam menggunakan atau membawa handphone harus selalu berhati-hati. Cara memperbaiki handphone basah karena kemasukan air yang sudah dijelaskan merupakan analisa berdasarkan pengalaman, jika kondisi diatas sudah dilakukan tetapi handphone tetap tidak bisa menyala coba untuk membawa ke teknisi atau dengan dengan membaca artikel lebih lanjut.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho