Cara Memperbaiki Charger Handphone | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki Charger Handphone

ads Google
Charger handphone merupakan bagian terpenting dari suatu handphone sebagai pengisi baterai pada handphone tersebut. Apa yang terjadi jika charger handphone rusak, dapat dipastikan baterai handphone tersebut tidak dapat diisi ulang kembali. Penyelesaian yang sangat singkat adalah dengan membeli charger handphone baru atau menggunakan charger tipe desktop.

Sangat memungkinkan untuk memperbaiki charger handphone yang rusak, yang diperlukan hanya beberapa alat alat yang biasa untuk perbaikan-perbaikan elektronik. Misalnya multitester, solder, penyedot timah, timah, obeng, dan tang. Dari alat alat tersebut kita sudah dapat memulai untuk memperbaiki charger handphone tesebut.
memperbaiki charger handphone

Cara memperbaiki charger handphone sebagai berikut:

1. Buka kotak charger handphone dengan perlahan dan hati hati jangan sampai patah, atau dudukan baut selip. Setelah terbuka cek kabel-kabel yang terdapat di rangkaian charger dengan menggunakan multitester, biar setelan multitester pada posisi default.

2. Amati apakah jarum pada multitester apakah bergerak atau tidak. Jika posisi jarum tidak bergerak maka dapat dipastikan kabel tersebut putus. Ganti kabel tersebut dengan menggunakan kabel baru.

3. Apabila jarum pada multitester bergerak, dapat dipastikan terdapat komponen yang rusak pada rangkain charger handphone tersebut.

4. Periksa satu persatu komponen tersebut apakah tegangan, hambatan, sesuai dengan yang tercantum pada komponen. Caranya dengan melakukan penyetelan pada multitester. Misalnya ohm, atau volt. lakukan juga pengamatan secara langsung tentang bentuk fisik dari komponen komponen tersebut, hal yang sering terjadi adalah komponen terbakar.

5. Jika terdapat komponen yang terbakar maka segera ganti komponen yang rusak tersebut. Pada banyak kasus yang beredar, kerusakan sering terjadi pada komponen resistor. Resistor memiliki fungsi sebagai pemberi hambatan untuk penyesuaian tegangan. Jika suatu tegangan mengalami lonjakan yang cukup signifikan hal tersebut akan membuat resistor putus atau terbakar.

6. Gantilah resistor tersebut dengan menggunakan resistor yang baru dengan nilai hambatan resistor tersebut sama atau kurang lebih sama dengan resistor yang sebelumnya dengan cara membaca nilai pada gelang-gelang warna yang terdapat pada tubuh resistor.
cara memperbaiki charger handphone
              resistor

Cara memperbaiki charger handphone yang sudah diuraikan diatas merupakan perbaikan pada bagian resistor. Apabila setelah resistor diganti masih tidak menyala, cek komponen-komponen lainnya apakah terjadi konslet pada komponen tersebut dengan menggunakan multitester. Penggantian komponen lainnya cukup dengan melihat ukuran nilai yang tercantum pada komponen.

ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho