Bagaimana Cara Memperbaiki Handphone | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Bagaimana Cara Memperbaiki Handphone

ads Google

Bagaimana cara memperbaiki handphone sendiri? Hal tersebut merupakan sebuah pertanyaan yang sering muncul dari setiap orang yang memiliki kesulitan dengan handphone yang dimiliki. Kerusakan yang sebenarnya bersifat sederhana akan tetapi karena tidak ada kemampuan dalam memperbaiki kerusakan tersebut membuat setiap orang gagal untuk memperbaiki handphone itu sendiri.

Salah satu jenis kerusakan pada handphone yang sering terjadi adalah mati tanpa sebab ketika dilakukan proses charging dan tidak dapat dihidupkan kembali. langkah yang sering kita lakukan adalah dengan membawanya ke pusat service handphone, atau jika tidak memungkinkan akhirnya kita mengganti handphone tersebut dengan hanphone baru. Akan tetapi jika kita tahu sedikit tentang pemahaman ilmu eletronika, kita tidak harus langsung membawanya ke pusat service, paling tidak kita cek terlebih dahulu kira-kira kerusakannya seperti apa.
cara memperbaiki handphone
cara memperbaiki handphone mati saat charge
- Beberapa cara langkah awal untuk memperbaiki handphone yang mati tanpa sebab adalah dengan melepas baterai kemudian dipasangkan kembali, atau dicoba dengan menggunakan baterai dari hanphone lain yang sejenis. Apabila handphone kemudian menyala, berarti kerusakan hanya pada baterai. Hal ini terjadi karena konslet pada masing masing kutub.

- Jika menggunakan baterai lain masih tidak menyala, cek masing masing konektor baterai dengan menggunakan multitester, apabila terdapat aliran, tetapi proses charge gagal maka persoalan pada tombol switch on/off ataupun pada sambungan charger di bagian handphone.

- Apabila keadaan charger menempel pada ponsel dan di layar muncul indikator charging akan tetapi handphone tidak mau menyala berarti dapat dikatakan terdapat gangguan di IC Power Amplifier. Ganti IC Power Amplifier dengan yang baru.

- Terakhir jika charger dipasang akan tetapi di layar tidak mmuncul indikator charging dan dan posisi on akan tetapi handphone tidak mau menyala maka dilakukan tes lebih lanjut. Ada bebrapa kemungkinan yaitu terdapat lempengan timah yang jelek atau terkelupas pada PCB, solusi untuk hal tersebut adalah dengan mencabut IC Power Amplifier, kemudian bersihkan timah tersebut atau tambal dengan menggunakan timah dari solder pada PCB dimana IC Power Amplifer menempel, kemudian pasang IC Power Amplifier dan nyalakan hanphone.

Teknik dan cara memperbaiki handphone yang diperlukan adalah keyakinan dan ketelitian dalam mengecek satu persatu dari setiap komponen dan alur dari jalannya komponen tersebut. Sehingga tidak sulit untuk memperbaiki handphone sendiri.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho