Beberapa Teknik Dan Cara Memperbaiki Handphone Yang Tidak Ada Sinyal | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Beberapa Teknik Dan Cara Memperbaiki Handphone Yang Tidak Ada Sinyal

ads Google

Cara memperbaiki handphone yang tidak ada sinyal. Sering handphone mengalami kerusakan baik dari yang ringan sampai berat, diantara mulai dari baterai kembung, terkena air, terjatuh, keypad handphone tidak normal, bahkan sampai pada sinyal pada handphone sangat lemah atau tidak muncul sama sekali. Seperti yang sudah dibahas pada artikel artikel sebelumnya tentang teknik dan cara memperbaiki handphone, kali ini akan membahas tentang cara memperbaiki sinyal handphone yang tidak muncul.

Sinyal muncul menandakan atau mengindikasikan bahwa handphone telah tersambung dengan BTS operator dari simcard yang tertanam di dalam handphone, namun apabila handphone tersebut tidak muncul sinyal maka dapat dipastikan terdapat masalah dengan BTS operator. Ketika handphone kehilangan sinyal terdapat beberapa gejala yang dapat dikenali secara langsung, yaitu sinyal muncul akan tetapi tidak lebih dari 2 (dua) bar atau bahkan tidak muncul sama sekali pada layar handphone, terdapat sinyal tetapi tidak dapat digunakan untuk menelpon pihak lain, sinyal naik turun tidak jelas.

beberapa teknik dan cara memperbaiki handphone yang tidak ada sinyal

Apabila terdapat tanda-tanda seperti itu dapat dipastikan terjadi gangguan pada sinyal handphone. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hilangnya sinyal pada handphone disebabkan dua hal, yang pertama gangguan dari pihak operator simcard sehingga sinyal yang dipancarkan ke handphone mengalami gangguan, yang kedua gangguan dari handphone itu sendiri.

Cara memperbaiki handphone yang tidak ada sinyal dapat dilakukan dengan cara pertama yaitu melakukan pengecekan settingan handphone melalui menu pengaturan sinyal.
Cara Pertama
- Pada menu pengaturan sinyal, alihkan dari otomatis menjadi manual.
- Setelah dipilih pengaturan secara manual coba untuk mencari sinyal secara manual, kemudian diamkan untuk beberapa saat.
- Apabila langkah tersebut berhasil maka dapat dipastikan sinyal dari BTS operator lemah dan harus kita koneksikan secara manual dengan cara tersebut.

cara memperbaiki handphone yang tidak ada sinyal

Apabila setelah dilakukan langkah tersebut masih tidak ada hasil maka lakukan cara kedua yaitu dengan melakukan pengecekan bagian transmitter penerima sinyal pada handphone.
Cara Kedua
- Bongkar handphone, mulai dari melepas casing, baterai, memory card, simcard
- bersihkan bagian dalam handphone yang telah terbongkar dengan hati-hati. Bersihkan juga bagian antena tips pada handphone dan pastikan antena tips terpasang pada tempatnya. Jika antena tips tidak terpasang kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan sinyal pada handphone lemah. 
- cek kembali keadaan sinyal pada handphone dengan memasang kembali baterai jika sinyal sudah kembali penuh berarti kerusakan teratasi namun apabila posisi sinyal masih belum muncul lakukan pengecekan lebih lanjut.
- lepaskan PCB, LCD, dan perangkat perangkat tambahan yang nemepel pada handphone dengan hati-hati.
- setelah terlepas cek PCB dan perhatikan bagian penerima sinyal, biasanya bentuk dari penerima sinyal bulan menonjol dengan lapisan tembaga kuning.
- Lepas bagian tersebut secara perlahan dan hati-hati.
- lakukan pengecekan pada bagian IC switch antena apakah rusak atau masih bagus, apabila rusak maka bagian tersebut kemungkinan yang menyebabkan hilangnya sinyal pada handphone dengan menggunakan multitester.
- lakukan pengecekan pada IC Power Amplifier karena jika komponen ini rusak dapat mengakibatkan kerusakan pada IC switch antena dengan menggunakan multitester.
-periksalah IC RF/Hangar dengan menggunakan multitester dimana komponen ini merupakan komponen utama yang mengontrol sinyal, karena komponen ini dilalui jalur penerima dan pengantar sinyal.
- setelah pengecekan bada bagian bagian diatas jika terdapat komponen yang rusak ganti dengan menggunakan komponen yang baru.
- setelah penggantian komponen yang rusak selesai dilakukan pasang kembali bagian-bagian handphone yang telah dibongkar menjadi seperti semula dan jangan ada yang tertinggal.

Cara memperbaiki handphone yang tidak ada sinyal ini sebernarnya dapat dilakukan untuk semua jenis handphone. Akan tetapi jenis dan skema PCB dari masing-masing handphone berbeda maka harus dilakukan dengan hati hati.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho