Cara Memperbaiki Keypad Handphone Yang Rusak Dan Macet | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki Keypad Handphone Yang Rusak Dan Macet

ads Google
Cara memperbaiki keypad handphone yang rusak dan macet - Kerusakan pada handphone yang sering terjadi biasanya pada bagian keypad. Kerusakan yang terjadi di keypad pada sebuah handphone ada beberapa jenis, salah satunya terjadi pada keypad dimana pada keypad tersebut susah untuk ditekan, bahkan sampai keras sehinga tidak dapat untuk ditekan, terkadang keypad yang tidak dapat digunakan karena terdapat putus jalur pada keypad tersebut. Jalur disini adalah jalur untuk tegangan penghubung antara tombol keypad dengan komponen-komponen lain yang terdapat pada handphone.

Cara Memperbaiki Keypad Handphone

Ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada keypad, mulai dari bot keypad kotor tertutup debu atau kotoran dan pengaruh air dari luar bahkan bila putus jalur pada keybad bisa jadi terjadi konslet pada komponen handphone. Karena bot kotor atau kena air menyebabkan tombol sulit untuk ditekan sampai muncul huruf yang diinginkan muncul pada layar handphone. Untuk masalah keypad yang rusak tersebut ada beberapa cara memperbaikinya.

cara memperbaiki keypad handphone untuk setiap jenis kerusakan berbeda penanganannya.

1. Cara pertama adalah bongkar casing handphone, lepas baterai, memory card, plastik keytone. Setelah terlepas semua, mulai bersihkan bot keypad dengan menggunakan kapas bersih atau cottonbud ditambah sedikit alkohol atau sejenisnya, setelah dibersihkan dengan kapas, bersihkan kembali dengan menggunakan penghapus pensil. Tujuan menggunakan penghapus pensil untuk mengangkat kotoran-kotoran yang terdapat bot keypad atau lempengan kuningan pada keypad.

setelah dirasa cukup bersih maka langkah selanjutnya pasang kembali keypad pada posisi awal sesuai tempat di handphone, kemudian coba tekan tombol yang tadinya tidak berfungsi, bila berhasil maka keypad sudah berhasil diperbaiki dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Namun apabila setelah dibersihkan dengan kapas dan penghapus pensil masih tidak dapat berfungsi maka kemungkinan besar terdapat jalur bot keypad yang rusak.

2. Cara kedua adalah dengan memperbaiki jalur dari skema keypad yang rusak dengan menggunakan multitester. Pelajari skema keypad pada masing masing tombol. Misalnya Jika salah satu keypad terhubung pada salah satu komponen kapasitor maka coba hubungkan salah satu pena test multitester pada kaki-kaki kapasitor dan satu pena test lainnya ke lingkaran bot keypad. Apabila jarum pada multitester bergerak berarti jalur terhubung, jika jarum tidak bergerak maka dapat dipastikan jalur tersebut terputus.

Cara Memperbaiki Keypad Handphone Yang Rusak Dan Macet

Cara memperbaiki keypad handphone yang putus jalur tersebut harus dilakukan teknik jumper yaitu menghubungkan tombol keypad dengan beberapa tombol lainnya atau komponen yang terhubung. Caranya dengan kabel jumper, hubungkan kabel tersebut antara lingkaran tombol keypad dengan komponen sesuai skema di awal, misalnya kapasitor. Pada bagian ini, tombol keypad yang dihubungkan adalah lingkaran keypad bagian dalam. Selanjutnya hubungkan juga kabel jumper dengan tombol keypad yang sama akan tetapi pada lingkaran bagian luar selanjutnya untuk dihubungkan dengan ground pada pcb handphone, biasanya untuk mengetahui ground dapat dilihat dari simbol yang terdapat pada pcb. Coba lakukan jumper pada setiap keypad yang putus jalur agar keypad dapat berfungsi seperti semula.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho