Android Sering Lambat dan Hang, Coba Beberapa Tips Berikut Ini | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Android Sering Lambat dan Hang, Coba Beberapa Tips Berikut Ini

ads Google
Gadget android merupakan pilihan yang saat ini diminati oleh hampir semua orang karena sistem kerja yang sangat cepat dan berbagai aplikasi yang sangat menarik. Akan tetapi tidak jarang meskipun android dapat bekerja dengan cepat dan sistem aplikasi yang sangat canggih sering kita jumpai android mengalami proses kinerja yang lambat atau lemot dan bahkan sampai hang.

Hal tersebut sebenarnya tidak hanya dialami oleh android saja, hampir semua gadget sering mengalami kinerja lambat/lemot atau hang. Hal yang sering dirasakan adalah pada saat mengetik atau menggunakan aplikasi terasa sangat lambat dan mungkin hal yang paling mengesalkan adalah pada saat mengetik atau menjalankan aplikasi, tiba-tiba layar menjadi hang, tidak ada gerakan sama sekali meskipun sudah di klik atau ditekan layar berulang kali. Hal yang terparah biasanya saat hang, layar menjadi blank dengan background layar putih.
Android Sering Lambat dan Hang, Coba Beberapa Tips Berikut Ini
Beberapa penyebab android menjadi lambat/lemot atau hang saat mengetik atau menjalankan aplikasi antara lain
- Pesan pada sistem android terlalu banyak, biasanya yang terjadi adalah SMS yang sudah berusia tahunan masih tersimpan, sehingga mengurangi space atau ruang memory pada android.
- Aplikasi yang dijalankan terlalu banyak dan semuanya dalam posisi background, sehingga tidak terlihat. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan android menjadi hang, karena terlalu banyak aplikasi yang sedang proses.
- Adanya aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga memberatkan sistem operasi pada android.
- Sisa memory internal yang sangat sedikit, hal ini juga mempengaruhi kenerja android.

Untuk mengatasi android menjadi lambat/lemot dan hang, dapat digunakan beberapa tips dan cara sederhana antara lain

- Tips Pertama, untuk mengatasi masalah pada layar keyboard android yang lemot
Matikan atau uninstall aplikasi-aplikasi pada android yang memang tidak digunakan sehingga dapat mengurangi kinerja sistem dan menambah ruang memory pada android. Dengan berkurang aplikasi pada android maka memory internal akan bertambah. Dengan adanya penambahan memory pada android akan menambah performa dan kestabilan kinerja pada android.

- Tips kedua, untuk mempercepat respon pada layar keyboard
Hal yang sering dilupakan pengguna android adalah membersihkan cache atau history aplikasi yang telah digunakan. Pembersihan cache ini dapat dilakukan secara manual lewat menu option kemudian masuk ke aplikasi, hapus setiap history atau cache yang terlihat pada layar atau dapat juga menggunakan aplikasi android yaitu history eraser. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan meberikan checklist pada kolom Clear All Apps Cache secara otomatis semua history atau cache pada semua aplikasi akan dibersihkan secara otomatis. Dengan begitu kinerja dari android menjadi lebih cepat dan tidak mengalami gangguan kembali.

- Tips ketiga, cara terakhir untuk mengatasi android yang lambat/lemot dan hang
Cara terakhir ini biasanya digunakan karena lebih cepat dan sederhana, hanya dengan melakukan proses reboot atau restart pada android. Dengan mencabut baterai beberapa menit kemudian pasang kembali, biasanya memory internal pada android akan bertambah. Akan tetapi disarankan untuk tetap mengatur aplikasi-aplikasi apa saja yang digunakan sehingga penggunaan memory internal tidak memakan space yang banyak.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho