Tips Yang Dilakukan Agar Tetap Aman Saat Melakukan Charging Pada Gadget | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Tips Yang Dilakukan Agar Tetap Aman Saat Melakukan Charging Pada Gadget

ads Google
Charging adalah sebuah tindakan yang dilakukan agar gadget yang kita miliki tetap bisa hidup dan beroperasi normal dengan pasokan sumber daya yang masuk. Tanpa charging maka gadget kita miliki tidak akan bisa berjalan seperti semestinya. Mengisi sumber daya gadget atau charging ini merupakan sebuah tindakan yang sepele dan umum, namun bisa menjadi tidak aman dan berbahaya jika tidak mengidahkan beberapa prosedur di dalamnya.

Apa saja tips dan kiat charging agar tetap aman dan tidak berbahaya, simak beberapa tips cara charging yang dilakukan agar tetap aman saat melakukan charging pada gadget di bawah ini ;
1. Gunakan perangkat charger original
Perangkat charger yang original memang bukan jaminan suatu gadget aman untuk di charger karena jika tanpa dibarengi tips aman charger original pun bisa memicu hal yang berbahaya. Namun dengan menggunakan perangkat charger yang tidak asli maka resiko hal yang berbahaya pun semakin besar.

Karena perangkat yang tidak asli biasanya tidak mengidahkan standar baku untuk gadget tersebut, misalnya kebutuhan untuk perangkat anda adalah 3 ampere namun perangkat charger yang tidak asli malah memiliki perangkat pendukung dengan kapasitas diatasnya atau dibawahnya.

Tips Yang Dilakukan Agar Tetap Aman Saat Melakukan Charging Pada Gadget

2. Jangan mencharge gadget terlalu lama
Pengisian baterai yang terlalu lama akan mengakibatkan baterai menjadi kelebihan daya dan ini menjadi salah satu penyebab terjadinya ledakan atau baterai yang terbakar. Untuk mengantisipasinya adalah dengan menggunakan timer charger yang banyak di temukan di pasaran. Timer ini berguna untuk memutus aliran listrik sesuai dengan waktu yang te;ah anda atur.

3. Ganti baterai
Baterai memiliki waktu yang bisa uzur jika terus digunakan, baterai yang sudah melewati batas umur pemakaian bisa menyebabkan baterai menjadi bocor dan mudah habis. Jadi jika baterai anda sudah lewat masa pemakaian normal maka usahakan untuk mengganti dengan baterai baru yang original hal ini selain untuk menghindari hal yang buruk yang terjadi terhadap baterai juga untuk meningkatkan performa baterai agar lebih awet lagi.

4. Baca panduan aman
Pembelian gadget yang asli dan resmi biasanya disertai dengan user guide yang berisi panduan penggunaan dan perawatan. Bacalah user guide ini dan terapkan pada cara charger gadget anda. 

5. Usahakan jangan gunakan gadget yang sedang di charge
Saat melakukan charging pada gadget ada baiknya dalam keadaan mati, namun jika terpaksa dan biasa mencharge saat gadget hidup jangan gunakan gadget tersebut saat gadget sedang di charge. Lalu tips lainnya usahakan saat mencharge baterai masih memiliki status kuning atau hampir habis. Jangan tunggu baterai habis baru di charge.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho