Cara Memperingan Kinerja Memori Internal Pada Android | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Memperingan Kinerja Memori Internal Pada Android

ads Google
Memori internal adalah salah satu faktor penting dalam melancarkan kinerja handset Android yang sedang kita pakai, memori internal ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data yang tersimpan dalam memory yang hand set anda. Namun seiring dengan semakin lamanya handset di gunakan maka akan semakin banyak juga space memori internal yang terpakai, jika ini di biarkan maka akan berpengaruh kepada kinerja handset Android yang kita gunakan.

Agar kita selalu mendapatkan kinerja Handset yang stabil serta memori internal yang tidak kelebihan beban maka kita perlu melakukan beberapa pengaturan sehingga handset bisa normal kembali. Berikut kami tampilkan berbagai cara memperingan kinerja memori internal pada android Anda.

- Memindahkan aplikasi yang terdapat pada internal memory
Pertama masuk dahulu ke menu setting lalu pilih application lalu pilih manage application, pilih aplikasi yang akan di pindahkan lalu pilih move to SD. Cara ini adalah cara manual dan termudah namun kelemahannya tidak semua aplikasi bisa di pindah.

- Menggunakan Link2SD
Link2SD merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan data di eksternal memory agar internal memory yang terdapat pada perangkat Android kita tidak terlalu penuh. Untuk menggunakan  Link2SD maka kita perlu mempartisi SD agar aplikasi yang di pindahkan memiliki tempat khusus di SD.

Cara Memperingan Kinerja Memori Internal Pada Android

Untuk menggunakan aplikasi Link2SD maka sebelumnya perangkat Android anda sudah harus di root (diberikan super akses) terlebih dahulu, lalu SD yang akan di gunakan untuk penyimpanan data pun harus sudah di partisi terlebih dahulu agar aplikasi yang akan di pindah sudah memiliki tempat yang seharusnya.

Jika kedua tahap itu sudah di lakukan maka langkah selanjutnya adalah mengambil aplikasi Link2SD di Google Play. Setelah memiliki aplikasi Link2SD jalankan aplikasi lalu jika meminta akses SuperUser/root tekan tombol Allow, lalu saat mulai di jalankan akan terlihat partisi. Jika diminta restart maka restarlah handset Anda, dan jalankan Link2SD Anda. Jika lancar maka tidak ada masalah dalam partisi Anda namun jika error mount script maka anda harus mengulang proses partisi dengan file yang berbeda.

Jika tidak terjadi kesalahan maka akan muncul menu aplikasi yang siap di pilih dan di pindahkan. Pilih beberapa aplikasi yang ingin anda pindahkan, aplikasi inti tidak bisa di pindahkan, setelah memilih aplikasi yang akan di pindahkan lalu pilih create link, lalu pilih semu opsi pada menu create link lalu klik ok.

Tunggu sampai semua proses perpindahan selesai, lalu cek  storage info. Jika berhasil akan terlihat memory internal yang lebih lapang.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho