Cara Mengatasi Handphone Yang Hanya Muncul Contact Service | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Cara Mengatasi Handphone Yang Hanya Muncul Contact Service

ads Google
Cara Mengatasi Handphone Yang Hanya Muncul Contact Service - Handphone merupakan salah satu jenis perangkat yang sampai saat ini menjadi kebutuhan bagi semua orang. Sehingga tidak jarang dalam perkembangannya, handphone menjadi beberapa jenis perangkat yang saat ini menjadi pilihan, mulai dari model handphone biasa sampai dengan model handphone pintar atau smartphone. Berbagai macam fasilitas juga telah tersedia di handphone ataupun smartphone. Termasuk jenis sistem operasi yang ada di smartphone itu sendiri, mulai dari simbian, java, OS Blackberry, windows phone, iOS, dan android. Hampir semuanya beredar di pasaran.

Namun dari semua jenis keunggulan yang ada di berbagai macam smartphone, ada salah satu jenis kerusakan yang ada di dalam smartphone itu dan pasti ada di setiap jenis smartphone. Kerusakan itu berupa kerusakan contact service atau servis kontak. Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada software atau hardware di dalam smartphone itu sehingga proses operasi sistem mengalami kegagalan dan berakibat program tidak terbaca. Sehingga seringnya layar handphone atau smartphone saat dinyalakan hanya akan muncul layar kosong atau paling parah muncul tulisan CONTACT SERVICE

Cara Mengatasi Handphone Yang Hanya Muncul Contact Service

Kerusakan ini dapat dilihat dengan melakukan pengecekan pada layar, karena tidak selamanya handphone yang mengalami kerusakan selalu muncul tulisan contact service,

- misalnya saat handphone atau smartphone dihidupkan kemudian hanya muncul insert simcard, setelah itu diminta restart dan hasilnya hanya muncul tulisan contact service maka kemungkin kerusakan adalah lebih dari 85% dan kerusakan terjadi pada software.

- jika smartphone atau handphone dihidupkan kemudian pada layar hanya muncul dengan background saja tanpa muncul tulisan apapun dan tidak ada proses restart maka kemungkian kerusakan berkisar sekitar 50% kerusakan terjadi di antara software dan hardware.

- jika handphone atau smartphone dinyalakan kemudian muncul tulisan contact service tanpa adanya layar kosong atau permintaan restart maka kemungkinan kerusakan sekitar 70% dan kerusakan terjadi pada hadrware.

Secara penggunan jika handphone atau smartphone sudah muncul hal-hal seperti itu maka dapat dikatakan handphone atau smartphone sudah mati dan tidak dapat dipakai lagi. Namun ada beberapa cara untuk mengembalikan handphone atau smartphone tersebut seperti sedia kala meskipun hasilnya tidak 100% berhasil. 

Cara Mengatasi Handphone Yang Hanya Muncul Contact Service

Untuk memperbaikinya dapat dikatakan presentase keberhasilannya hanya sekitar 70%-80% karena kondisi kerusakan software atau hardware berbeda-beda. Dan untuk melakukan perbaikan adalah perbaikan metode berat, sehingga kemungkinan seluruh data, program dan file akan hilang.

Perbaikan yang pertama jika smartphone atau handphone muncul insert card kemudian diminta restart dan hasilnya muncul tulisan contact service maka langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan flash ulang pada handphone atau install ulang program sistem operasi pada smartphone. Sehingga mode pabrikan akan kembali pada handphone atau smartphone tersebut.

Perbaikan kedua dan ketiga jika handphone atau smartphone muncul layar background saja atau langsung muncul tulisan contact service maka kerusakan terjadi di software dan hardware sehingga yang harus dilakukan pertama kali adalah proses flashing atau install ulang, selanjutnya melakukan pengecekan pada hardware yaitu pada IC, flash, UEM atau CPU. Untuk melakukan perbaikan pada hadrware memang dibutuhkan alat pendukung berupa program repair smartphone atau handphone untuk dapat mengecek hardware mana yang terjadi kerusakan.

Metode cara mengatasi handphone yang hanya muncul contact service yang dibahas pada artikel ini memang terdapat keterbatasan pada program repair, karena program tersebut tidak mudah diperoleh. Akan tetapi beberapa hal lainnya sudah cukup membantu untuk mengetahui kerusakan contact service yang muncul apakah kerusakan hanya pada software, hardware atau keduanya.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho