Panduan Sederhana dan Mudah Cara Menggunakan Blackberry Desktop Manager di Komputer | Cara Perbaiki Handphone
Powered by Blogger.

Panduan Sederhana dan Mudah Cara Menggunakan Blackberry Desktop Manager di Komputer

ads Google
Blackberry Desktop Manager, salah satu aplikasi blackberry yang dijalankan di komputer PC atau laptop. Aplikasi ini dikeluarkan oleh pihak Research In Motion atau RIM untuk menghubungkan smartphone blackberry dengan komputer, sehingga pengguna smartphone blackberry dapat dengan mudah memindahkan atau mentransfer berbagai macam data atau file dari blackberry ke komputer atau sebaliknya.

Panduan Sederhana dan Mudah Cara Menggunakan Blackberry Desktop Manager di Komputer

Fitur terbaru dari aplikasi desktop manager ini adalah dapat melakukan upgrade otomatis dari desktop manager itu sendiri dan dapat juga mengupdate OS dari smartphone blackberry. Sehingga pengguna blackberry tidak perlu repot-repot lagi mencari update OS terbaru di internet. Aplikasi ini dapat diperoleh dengan gratis dengan mengunjungi situs http://id.blackberry.com/services/desktop/.

Bahasan panduan sederhana cara menggunakan blackberry desktop manager dimulai dari tampilan awal yang muncul saat menjalankan aplikasi blackberry desktop manager yaitu menunjukkan informasi mengenai spesifikasi blackberry yang dipakai, termasuk di dalamnya nomor PIN BBM, nomor telepon, dan OS yang dipakai.

menu blackberry desktop manager


Setelah melihat tampilan awal, selanjutnya di sebelah kiri terdapat menu pilihan utama yaitu Tipe atau Jenis Blackberry, Applications, Organizer, dan Files. Dari Masing-masing menu pilihan ini memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu, 

1. Tipe atau Jenis Blackberry
Menu ini berfungsi untuk menampilkan spesifikasi dari blackberry yang sedang terhubung dengan komputer, sehingga secara otomatis akan menampilkan nama dari jenis blackberry. Berbeda jenis blackberry yang terhubung di komputer, maka nama dan jenis blackberry yang muncul di desktop manager juga akan berbeda.

2. Applications
menu blackberry desktop manager 1

Pada menu ini berfungsi untuk memperlihatkan semua jenis aplikasi yang terdapat di dalam smartphone blackberry, termasuk aplikasi yang berasal dari pihak ketiga. Di dalam menu ini juga memberikan informasi mengenai aplikasi-aplikasi apa saja di dalam blackberry yang membutuhkan upgrade versi terbaru.

3. Organizer
menu blackberry desktop manager 2

Menu yang berfungsi untuk mensinkronkan berbagai macam data di blackberry dengan komputer, misalnya kalender, memo, nomor telepon, dan task. Namun perlu diperhatikan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan sinkron data, karena apabila terjadi kesalahan justru data-data tersebut menjadi rusak tidak terbaca, atau bisa jadi hilang.

4. Files
menu blackberry desktop manager 3

Menu yang memiliki fungsi untuk langsung menghubungkan komputer dengan tempat penyimpanan data di dalam memori smartphone blackberry atau Slot Disk.

Selain menu pilihan, terdapat juga menu tambahan lainnya di dalam blackberry yaitu menu Media Sync dimana didalam menu tersebut terdapat menu Music, Pictures, dan Videos dengan fungsi diantaranya

1. Music
menu blackberry desktop manager 4

Berfungsi untuk mentransfer file-file musik atau lagu langsung dari harddisk dengan menggunakan menu ini.

2. Pictures
menu blackberry desktop manager 5

Dapat digunakan untuk melihat langsung foto yang terdapat di dalam smartphone blackberry serta dapat langsung mengkopinya ke dalam komputer

3. Videos
menu blackberry desktop manager 5

Sama halnya dengan menu-menu sebelumnya, menu ini dapat mengkopi file video dengan mudah. Namun perlu diperhatikan tidak semua file video dapat diputar di dalam smartphone blackberry, sehingga harus dilakukan seleksi terlebih dahulu.

Selain itu, Blackberry Desktop Manager juga dapat melakukan backup dan restore data smartphone blackberry secara keseluruhan atau custom. Backup dan restore ini meliputi backup dan restore data nomor telepon, task, pesan, bbm kontak, dan masih banyak lagi.

Backup dan restore data blackberry

Sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna smartphone blackberry apabila jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan dengan blackberrynya atau mengganti tipe blackberry, karena datanya sudah diamankan di dalam komputer.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho