Cara Memperbaiki Headset Handphone Yang Rusak Sebelah | Cara Perbaiki Handphone
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Memperbaiki Headset Handphone Yang Rusak Sebelah

ads Google
Cara untuk memperbaiki headset handphone yang rusak sebelah atau semuanya tidaklah begitu sulit. Tidak jarang para pengguna handphone merasa kecewa ketika headset yang dimiliki rusak begitu saja, tidak ada suara yang terdengar dari speaker sering dialami oleh sebagian pengguna headset.

Hal ini disebabkan headset tersebut tertekuk, tertarik, konslet, bahkan kawat kuningan di dalam terputus, entah itu di pangkal colokan stereo atau monophone, atau di bagian speakernya itu sendiri.
cara memperbaiki headset handphone yang rusak sebelah

Lalu bagaimanakah cara memperbaiki headset headphone yang rusak tersebut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pengecekan pada headset tersebut dengan menggunakan multitester. Pengecekan dilakukan pada bagian speaker dan kabel yang terhubung ke handphone. Pada umumnya headset mati dan tidak mengeluarkan suara sama sekali disebabkan karena kawat kuningan di dalam kabel tertekuk, sehingga putus. Yang sering terjadi di sekitaran colokan stereo atau monophone, atau di sekitar speaker itu sendiri.

Pengecekan dilakukan dengan menempelkan ujung tester pada salah satu ujung kabel di speaker dan salah satu ujung kabel pada colokan stereo atau monophone, jika ada gerakan pada jarum multitester dapat dipastikan speakerlah yang rusak dan tinggal diganti dengan speaker baru.

Jika jarum tidak bergerak sama sekali maka kemungkinan kabel putus, cara paling mudah adalah mengganti kabel tersebut secara keseluruhan. Namun apabila ingin melakukan penghematan langkah yang dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut

1. Pasang headset tersebut pada handphone, kemudian posisikan speaker ke telinga anda. Dengarkan lewat speaker dan coba tekuk-tekuk dan gerak-gerakkan bagian kabel dari ujung headset sampai ujung colokan headset.

2. Jika sempat mendengar suara pada bagian kabel yang ditekuk-tekuk atau digerak-gerakkan maka bagian tersebut kemungkinan terdapat kabel yang putus. Potong kabel pada bagian tersebut, ambil jarak kurang lebih 2 cm dari bagian kabel yang putus untuk mengupas kulit kabel, kemudian sambungkan antara ujung dengan ujung masing-masing kabel.

3. Cek terlebih dahulu suara di speaker apakah sudah terdengar normal atau belum, jika belum terdengar, coba potong lagi dan sambung kembali sampai suara sudah terdengar. Jika suara sudah terdengar maka saatnya untuk mematenkan sambungan tersebut dengan menggunakan solder agar tidak terputus lagi. Tutup sambungan dengan menggunakan isolatip bening.

4. Agar lebih rapi dalam menutup sambungan kabel, dapat menggunakan selubung ciut, cara pemasangannya dengan memasukkan terlebih dahulu selubung ciut sebelum kawat disambung. Setelah kawat disambung geser selubung tersebut sampai selubung tepat menutup pada sambungan kawat.

5. Panaskan selubung ciut dengan menggunakan hairdryer sampai bentuk selubung menciut merata seperti bentuk kawat .

Memperbaiki headset handphone yang rusak memang cukup membutuhkan ketelitian karena harus mencari bagian kabel yang putus. Apabila headset sudah dapat digunakan kembali biasakan untuk menjaga kondisi headset agar tidak mudah rusak kembali.
ads Google

Artikel Bagus Lainnya Lho